Kamis, 31 Mei 2012

Cara memperbaiki aki kering motor.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor

Cara memperbaiki aki kering motor.

Accu / aki kering merupakan aki bebas perawatan, jadi tidak ada perlakuan khusus untuk merawat atau memperbaiki aki ini. Jika tiba-aki aki tidak menyala alias soak, hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk men-charge aki tersebut. Untuk proses ini, kamu bisa menggunakan charger aki 6-24 volt. Dipasaran, charger aki ini dijual seharga 400 ribuan.
Cara pemakaian charger accu:
1. Pastikan alat ini berada pada posisi off, ketika akan digunakan.
2. Putar knop volt pada posisi sesuai dengan volt aki yang akan diisi.
3. Hubungan kabel merah kutub (+) dengan kutub (+). Kabel hitam pada kutub (-) hubungkan dengan kutub (-) dari aki Anda. Jangan sampai terbalik.
4. Posisikan saklar dari hi-low ke arah low
5. Pasangkan sumber listrik dan baru nyalakan power ON.
6. Setelah proses pengisian dimulai, apabila Anda ingin mempercepat proses pengisian Anda dapat memindahkan ke posisi HI. Namun cara pengisian accu ke posisi HI secara terus menerus, dapat mengurangi usia accu Anda.
Sebagai referensi, kamu bisa membeli charger aki secara online disini.
[]
Cara memperbaiki aki kering motor Accu aki kering merupakan aki bebas perawatan jadi tidak ada perlakuan khusus untuk merawat atau memperbaiki aki ini.
Artikel mengenai cara memperbaiki aki kering motor di situs ini mungkin belum ditemukan Silahkan Cari cara memperbaiki aki kering motor dengan kata kunci yang lain .
Hasil googling ketemu juga nih tips untuk perpangang masa aki motor atau mobil httpwwwbeoscopecomvideocararekondisiakikeringid20100000729 Catatan Alternatifnya .
Cara memperbaiki akiaccu rusak memperbaiki aki yang soak cara perbaikan accu kering cara perbaiki aki motor memperbaiki accu rusak cara memperbaiki aki kering motor .
Terlebih aki sepeda motor baik yang berupa aki basah maupun kering merupakan sumber Cara untuk merawat aki ini jauh lebih mudah ketimbang aki basah .
You are browsing the archive related for cara memperbaiki battery kering connection to either of the two motor terminals will cause the motor to .
Accu aki motor yang paling banyak digunakan adalah jenis Hanya akhirakhir ini saja banyak mengunakan aki kering Cara penggunaannya sangat sederhana yaitu dengan .
172 5 cara memperbaiki aki kering 051 6 membuat sepeda listrik 049 7 pesanan harga aki kering motor 66 daftar harga aki kering motor 42 harga aki .
akiaccu rusak service aki mobil memperbaiki aki yang soak cara perbaikan accu kering cara perbaiki aki motor menghidupkan aki soak cara memperbaiki aki kering .
TIPS Memperbaiki Accu Aki Soak Kendaraan Roda 2 Accu aki mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan wah ane pake aki kering.

SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR

SATRIA FU 150; SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR

Riset ini didedikasikan untuk para pengguna FU yang masih berstatus pelajar. Mengapa? Karena sekarang ini aku sering liat dijalan semakin banyak anak sekolahan menggunakan FU sebagai sarana transportasi ke sekolah, beberapa tampak masih standar, dan beberapa telah di upgrade sedikit, seperti misalnya pasang knalpot free flow tapi tanpa diikuti langkah lain, jadinya hanya suaranya saja yang kenceng tapi larinya kalah dengan motor standar. Atau ada juga yang fokus ke tampilan saja dengan mengganti pelek dengan tipe jari-jari dan memasang ban super tipis (ban khusus drag maksudnya..), ini menurutku juga kurang baik karena klo mesin motor sehat dan bisa kenceng tapi trus gara-gara pake ban tipis jadi ga bisa belok saat digeber kan malah bahaya, Bro….coba banyangin, pas lagi kebut-kebutan ma Supra x (hehehe…) dan FU berhasil melibas dengan mudanya…tapi trus tau-tau nyungsep di tikungan karena traksi buat menikung kurang…kan tengsin jadinya .
Bertolak dari hal-hal tersebut aku mengadakan riset up-grade performa FU yang dapat dicontoh oleh para pelajar pemakai FU…intinya siy up-grade performa tapi dengan biaya terjangkau oleh para pelajar..hehehe…gitu loh maksudnya khusus pelajar tuh…!
Dari hasil pengamatanku beberapa bengkel top dalam melakukan up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku siy semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak…..tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang… jadi deh FU kenceng! Cuman masalahnya bagaimana nasib adik-adik pelajar yang pengen FU-nya juga kenceng tapi uang saku terbatas…hehe..maksudnya belum tentu juga uang sakunya benar-benar terbatas, tapi mereka kan punya pos pengeluaran lainnya juga kaya misalnya biaya nraktir gebetan, biaya merias diri biar cepet laku..hehhe..biaya nyogok nyokapnya gebetan..dan lain-lain, yang intinya membuat pos pengeluaran buat si FU jadi terbatas..
Nah, buat adik-adik pelajar penggenjot FU…yang tua-tua juga boleh nyonto ding, berikut adalah tip up-grade yang (sebagian besar) dah dipraktekin langsung di motorku…yang jelas aku jamin dengan melakukan uipgrade seperti ini tidak akan membuat TTM kalian terlantar,,,piss…
1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga palingan 30rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan
2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini siy ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli. Langkah lepas paking blok bawah ini pengen aku cobain tapi blum sempet, ntar pas servis besar lagi aja kayanya.
3. Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.
4. Ganti karbu (berarti langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King (karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar…
5. majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi…hehehe…bingung, bingung deh….), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini siy jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.
6. lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri
7. potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.
8. ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm
9. oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.
10. ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh pake bikinan Edi Sawangan (yang pelat pernis cuman 250 rb), atau AHAU 400rb….atau SKR 375rb…yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doing plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2… )
11. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.
12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.
13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili…yang ini aku ga tau kenapa bisa bikim motor makin melesat, tapi aku praktekin hasilnya memang berasa kok. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.
14. nah klo semua langkah diatas…atau beberapa aja deh…udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed.
Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.

Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…
Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan)…ato apalah terserah…soalnya aku sendiri blum nyobain klo yang ini. Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti langkah No. 5 tidak perlu dilakukan.
Semoga berguna.
Porting Polish
Lepas packing, pake 1 aja yang tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
PAIR dinon-aktifkan
Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43
Performa: gigi 4 120 kpj (mentok limiter)..gigi 5 135 kpj…gigi 6..blum pernah ketemu jalan yg cukup sepi buat full throttle…
Denah bengkel langganan ane COIL Speed…!
namanya rada aneh mungkin kepanjangan dari dua mekanik gokilnya yaitu Si KOEK dan Si ULIL…hehe..jadinya disingkat COIL..

Koil bocor

Modifikasi Simple Satria FU150

Modifikasi Simple Satria FU150, Fanatik Racing Style Only!

OTOMOTIFNET - Bagi pemilik hyper underbone Suzuki Satria FU150 yang ogah tampil standar, mo­difikasi simpel bisa jadi solusi. Gak perlu ribet-ribet! Cukup modif sederhana dan mengandalkan part aksesori PnP alias plug and play.

Apalagi part aksesori khusus buat FU membludak di pasaran, jadi mudah mencarinya. Sedikit sentuhan di bagian kaki-kaki dan bodi serta mengaplikasi aksesori PnP, tongkrongan FU dijamin beda dari yang lain. 


“Utamanya adopsi aksesori. Sebab buat tampilan, hal itu paling berpengaruh,” ujar Rini dari gerai F16. Aksesori racing style (RS) yang paling jadi favorit yakni setang model racing dan footstep underbone.

Untuk setang pilihannya bervariasi, ada yang posisinya bisa diadjust atau mengandalkan setang bawaan Suzuki Raider (Thailand) yang punya profil lebih pendek. Gunanya? Jelas agar posisi riding lebih merunduk khas motor balap.

Selain itu, aplikasi footstep racing juga gak sulit kok! Dengan posisi kaki yang bergeser ke belakang, riding position dijamin lebih mantaff...!

Namun begitu, pemasangan kedua peranti itu butuh penyesuaian terhadap sang rider! Buat yang belum terbiasa, posisi yang agak merunduk ditambah pijakan kaki yang mundur tadi, bisa membuat rider merasakan pegal di bagian lengan dan bahu. So walau sifatnya hanya sementara yang akan hilang jika sudah terbiasa, buat yang gak fanatik RC, pikir dua kali deh!


Lanjut! Selain peranti tadi, bagian kaki-kaki juga gak kalah penting. Pilihannya dari mengaplikasi pelek jari-jari sampai up-grade bagian sokbreker. Dengan sumbu roda yang agak panjang untuk ukuran motor bebek yakni 1.280 mm, jelas butuh peranti pendukung.

So, gak percuma rasanya kalau performa suspensi standar ikut diup-grade. Selain membuat bagian suspensi tampil beda, handling FU juga ikut terdongkrak. Yang pasti, rebound sok harus menyesuaikan bobot rider. Makin berat sang rider, menuntut rebound sok yang agak keras, begitupun sebaliknya.

Lanjut ke bagian akhir, yakni bodi. Di sektor ini ada beberapa cara bisa diaplikasi agar tampilan FU tambah eye catcing, di antaranya mengaplikasi bodi Suzuki Satria FU Thailand alias Suzuki Raider.

Dengan tampilan cover side leg yang mungil, mesin tegak FU jadi semakin jelas terlihat. Masalah dudukan bodi gak perlu khawatir. Sebab walau bentuknya lebih ramping dan simpel, namun semua posisi baut sama persis.

Mau tetap mengandalkan bodi standar? Boleh aja, tinggal bermain cutting sticker. “Selain lebih murah dari teknik airbrush, kalau bosan bisa gonta-ganti motif,” tutup Dedy dari Nine Works Graphic yang buka gerai di daerah Pondok Pinang, Jaksel ini.
Part Merek Harga
Aksesoris
Setang aftermarket Thailan 300 ribu
orisinal Suzuki Rider 600 ribu
setang adjustable 750 ribu
posh 250 ribu
Footstep NUI Racing 650 ribu
Yoshimura 370 - 475 ribu
Pro 350 ribu
Gas spontan orisinal TZM 130 - 280 ribu
Headlamp Tipe smoke 150 ribu
Bodi
Cutting sticker Nine Works Graphic 400 - 800 ribu
COver side leg dan Cowling Thailand 275 - 475 ribu
Under tail cover Lokal 400 ribu
Striping Decal Studio 150 - 275 ribu
Kaki-Kaki
Sokbreker belakang YSS 450 - 4,5 juta
KTC 1,4 juta
Kitaco 1,3 juta
Sok Upside down aftermarket 2 - 3 juta
Tromol depan model Kawasaki Ninja Ride it 250 ribu
Sumber
Siam Motorsport: 021-98280248 / 536-52224
Raja Motor : 021-7303736
Nine Works Graphic: 021-91125969
F16: 021-73446678

Striping Satria FU Thailand Raider 150

Striping Satria FU Thailand Raider 150

Hallo para bikers, berhubung banyaknya masukan dari para pelanggan untuk Striping motor Satria FU versi thailand nya, maka  saya membuat postingan ini agar para bikers dapat lebih mudah memilih Striping atau stiker. Terbuat dari bahan berkualitas baik, dari cetakan maupun tinta yang digunakan. Untuk para pecinta motor Suzuki Satria FU 150, tidak ada salahnya untuk mencoba penampilan baru dengan menggunakan Striping Thailand Raider 150. Untuk warna terdiri dari 3 varian, yaitu Biru, Merah, Hitam. Untuk gambar bisa dilihat dibawah ini.




1. Biru
 2. Hitam
 3. Merah

SEJARAH

SEJARAH LAHIRNYA SATRIA FU 150/RAIDER R150

by Suzuki Satria FU 150 on Monday, February 7, 2011 at 10:14pm ·
  • Sejarah bebek-bebek Ayago asli import


                   Suzuki pada awal tahun 2000 silam adalah sebuah nama brand sepeda motor terkenal yang sering memunculkan jenis bebek sport CBU kejalanan Indonesia, baik itu oleh importir umum ataupun ATPM lokal. Mulai dari produk 2 tak sampai 4 tak pernah mengaspal dinegara ini. Sebut saja RK-Cool 110, Satria 120 LSCM, Raider 125, Raider 150 hingga Satria FU 150.
Semua tergolong sukses dipasaran pada waktu itu sampai sekarang, sampai akhirnya produk Satria FU 150 pun sudah berganti versi dari CBU utuh menjadi rakitan lokal demi untuk memenuhi permintaan konsumen yang banyak haus akan produk motor bebek hyper sport yang terbilang jarang dijajaran produk-produk motor ATPM lokal.



Suzuki RK-Cool 110 didatangkan secara langsung oleh pabrikan Suzuki Indonesia (Indomobil Group) dari negeri Gajah Putih pada rentan tahun 2002 sampai dengan 2004 akhir. Motor ini sejatinya untuk menggadang-gadang produk bebek YMKI yaitu Yamaha F1ZR 110 baik dari segi penjualan maupun diajang road race.
Mendapat respon bagus dari sisi penjualan walaupun pada waktu itu dibanderol dengan harga kurang wajar untuk sebuah bebek lokal berkapasitas 110cc yaitu kisaran hampir 18 juta rupiah. Apa saja sih yang sebenarnya menjadi daya tarik konsumen akan motor ini ????
Yang jelas model, tampilan dan tenaganya beda dari pada produk kompetitor waktu itu (F1ZR) walaupun sama-sama menganut mesin 2 langkah berpendingin udara, berkubikasi 110cc, tapi kelebihan yang tidak dimiliki lawan adalah mesin tegak, menganut model ayam jago, shockbreker belakang monoshock, berpenghenti laju disk brake depan belakang. Selain itu spesifikasi lainnya adalah berkaburator Mikuni VM 17, bore x stroke adalah 52.5 x 50.5mm, kopling basah, aki basah kering, manual stater, setang clip on, kapasitas tangki bahan bakar 5lt, kapasitas oli samping 1.2lt, bertransmisi 5 percepatan, menggunakan lingkar roda 17″-2.25 depan, 17″-250 belakang, castwheel dan berat total motor 94.5kg….dan yang pasti dengan kondisi standar pabrik mampu digeber sampai dengan 120kph…hmmm…lumayanlah power yang dihasilkan untuk ukuran motor dibawah 125cc bermesin 2 langkah waktu itu.
Konon motor ini didatangkan dalam 3 varian model yaitu: RK110Z, RK110S-Z, dan RK110SC-Z.
Untuk lebih jelasnya mengenai seluk beluk, plus minus, dan lain-lain dari motor ini, para om-om sekalian bisa langsung menyambangi warung om Adicuzzy disini untuk berkonsultasi, sharing opini atau menambah ilmu tentang Suzuki RK-Cool 110.


—————————————————————————————-

Masih ditahun yang sama, selang 4 bulan setelah keberhasilan penjulan RK-Cool 110 dipasaran oleh ATPM lokal, maka hal tersebut menarik perhatian pihak importir umum untuk mendatangkan produk Suzuki yang hampir serupa dengan RK-Cool 110 tapi sudah bermesin 4 langkah yaitu Suzuki Raider 125 dari negeri Thailand.
Adapun model dan bentuk dari motor ini bak pinang dibelah dua…benar-benar hampir sama…catet hampir sama tidak sama persis…tapi yang membedakan produk ini dengan sang kakak adalah disektor teknologi yang diusungnya.
Mesin sudah menggunakan teknologi 4 langkah DOHC 4 katub berkapasitas 125cc berpendingin  udara plus ditambah oil cooler, berkompresi 10.2:1, berkaburator Mikuni BS 26, bertransmisi 5 percepatan, setang clip on, koping basah, aki basah kering, manual stater, berpenghenti laju disk brake depan belakang, berat total motor 105kg, kapasitas tangki bahan bakar 4.5lt, menggunakan roda diameter 17″-70/90 depan, 17″-80/90 belakang, castwheel…dan bebek jago ini mampu dibejek gasnya hingga 125 kph dalam kondisi mesin standar pabrikan.
Dimata konsumen penikmat kecepatan, motor ini mendapat apresiasi lumayan dipasaran.


Walaupun pada tahun 2004an produk ini sudah tidak diproduksi dinegara asalnya Thailand, tetapi minat konsumen dalam negeri akan Suzuki Raider 125 cukup bagus maka pada tahun itu juga, oleh importir umum didatangkanlah secara bulat-bulat adik kandung dari Suzuki Raider 125 yaitu Suzuki Raider 150 dengan harga dipatok pada kisaran 26juta rupiah fresh from dealer. Produk ini merupakan perbaikan dan peningkatan kapasitas mesin lebih besar dari pada sang kakak.
Menyandang mesin 4 langkah kapasitas mesin 147.3cc perpendingin udara plus oil cooler, DOHC 4 klep, bore x stroke adalah 62.0×48.8mm, berkompresi 10.2:1, horsepower 65 16.5hp pada 9.500rpm, maksimum torsi 12.76 nm pada 8.500rpm, berkarburator Mikuni BS 26, kopling basah, aki basah, manual stater, kapasitas tangki bahan bakar 4.9lt, berpenghenti laju disk brake depan belakang, setang clip-on, monoshock, menggunakan lingkar roda 17″-70/90 depan, 17″80/90 belakang, dan berat total motor ini adalah 95kg…sedangkan untuk kecepatan maksimum motor ini sanggup dipacu sampai 135kph.


————————————————————————————

Melihat ceruk pasar yang lagi-lagi terlalu segmented tapi berpeluang untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan dalam hal penjualan motor bebek hyper sport berteknologi 4 langkah, maka hal tersebut menarik minat ATPM lokal Suzuki Indonesia (Indomobil Group) untuk mendatangkan produk sekelas dengan Suzuki Raider 150 yaitu Suzuki Satria FU 150 pada tahun 2004 secara CBU dari Thailand dengan melakukan beberapa minor change (reduksi komponen) agar bisa menyesuaikan dengan kondisi bahan bakar dan harga jual dipasar Indonesia.
Secara spesifikasi antara kedua motor tersebut bisa dibilang hampir sama secara keseluruhan, tapi ada beberapa yang menjadi pembeda dari Raider 150 dengan Satria FU 150 yaitu pada material komponen, dimana part daleman pada Raider 150 lebih tahan banting pada kompresi tinggi dikarenakan dinegara asalnya Thailand, motor ini harus wajib menggunakan bahan bakar beroktan tinggi minimal setara pertamax disini…sedangkan Satria FU 150, seperti yang sudah saya singgung diatas, telah mengalami reduksi part untuk gebukan kompresi yang sudah disesuaikan dengan kadar bahan bakar dinegera kita.
Secara tampilan, pembeda antara Raider 150 dengan Satria FU 150 adalah pada bagian lampu depan belakang, lampu sein, shroud pelindung blok silider pada mesin dan dasbord konsole pada speedometer.
Bicara soal performa, Satria FU 150 harus mengakui saudara tuanya yang hanya mampu digeber secara maksimal pada kecepatan 130kph beda 5kph dengan Raider 150.


————————————————————————————-
Berhubung waktu itu sudah diberlakukannya pembatasan produk motor 2 langkah, maka mau tidak mau pabrikan Suzuki Indonesia harus men’discontinoue penjualan motor RK-Cool 110′nya yang lagi-lagi sudah seperti yang saya sebutkan diartikel terdahulu mengenai tewasnya populasi bebek sport 2 langkah dikarenakan sudah tidak ada lagi kesempatan dan keuntungan dalam melakukan pengembangan mesin motor 2 langkah.

Disaat mulai diberlakukannya pembatasan motor 2 langkah dan masih dalam masa alih transisi teknologi dari mesin 2 langkah ke 4 langkah, ternyata Suzuki Indonesia juga sedikit masih memberikan secercah pemuas dahaga akan konsumen pecinta motor bebek underbone murni bermesin 2tak berperforma tinggi yang pada waktu itu sudah mulai jarang populasinya dijalanan negeri ini.
Pada rentang tahun 2004 sampai dengan 2005 didatangkanlah secara utuh motor hasil regenerasi dari Suzuki Satria 120 RU bermesin 2tak, yaitu Suzuki 120 LSCM atau banyak orang menyebutnya dengan “Satria Hiu” dari negera yang ngaku-ngakunya serumpun kita Malaysia.
* by d’ way Malaysia masih dianggap negara serumpun gak ya??? melihat perbuatannya kepada negeri pertiwi kita.
Motor ini menggotong mesin tegak 120cc berpendingin udara, reed valve, bore x stroke adalah 56x49mm, berkompresi 7.0:1, menggunakan karburator Mikuni VM 20, maksimum power 15.5ps pada 8.000rpm, maksimum torsi 1.50kgmf pada 7.000rpm, bertransmisi 6 percepatan, kopling basah, aki basah, shockbreker belakang monoshock, berpenghenti laju disk brake depan belakang, menggunakan roda berdiameter 17″-250 depan, 17″-275 belakang, dan total berat motor 101kg…membuatnya sanggup dipacu sampai batas kecepatan 140kph dalam kondisi standar pabrik…dan itupun masih ada beberapa konsumen yang mengklaim kecepatannya bisa lebih dari 140kph…GLEKKKKK!!!!!


—————————————————————————————-
Setelah Suzuki Rk-Cool 110 mati dari pasaran pada tahun 2004, dimasukkanlah produk bebek Satria FU 150 tadi sebagai pewaris tongkat estafet penjualan motor bebek jago andalan Suzuki. Pertama kali diperkenalkan kepada publik sewaktu ada gelaran event Jakarta Motorcycle Show pada tahun 2004 dengan banderol harga 16jutaan pada saat itu.
Kali ini respon pasar akan motor ini sangat luar biasa hingga sekarang. Sampai pada tahun 2007 keatas akhirnya pihak pabrikan Suzuki Indonesia memutuskan untuk meng’CKD produk Suzuki Satria F150 guna menghemat cost demi menekan harga jual kekonsumen, dan menjadikannya motor ini sebagai produk Flagship dari pabrikan berlogo huruf S (S atau Z ya???) tersebut.


Demikian dari saya,
Regards Topands Fu #070
Bersambung…


Suzuki RK COOL
RAIDER 150 cbu
SATRIA FU 150 CKD

Harga Satria Fu Terbaru 2012

Harga Satria Fu Terbaru 2012


 
 
 
 
Satria Fu adalah salah produk sepeda motor andalan Suzuki. Berbagai macam fitur canggih ditempelkan di Satria Fu ini sehingga pantas bila harga Satria Fu terbaru 2012 cukup bisa membuat kita semua tercengang. Dengan harga Rp 18.575.000,- untuk wilayah Jabodetabek pasti akan membuat setiap orang bertanya - tanya mengenai spesifikasi dari Satria Fu terbaru 2012 ini. Untuk motor jenis bebek, Satria Fu memiliki berbagai macam keunggulan bila dibanding dengan motor di kelasnya. Bahkan dalam beberapa hal, Spesifikasi yang terdapat pada Satria Fu terbau 2012 ini tidak kalah dengan jenis motor sport yang berukuran jauh lebih besar.
 
Satria Fu memang sangat fenomenal. Walaupun banyak terjadi pro dan kontra di masyarakat penggemar otomotif mengenai motor ini, terlebih dengan melihat harga Satria Fu terbaru 2012, tingkat penjualan Satria Fu ini tidak bisa dibilang rendah. Motor yang memiliki daya maksimum mesin 16.0 Ps/9.500 rpm serta Torsi maksimum 1.27 kgm / 8.500 rpm ini memang tidak bisa diremehkan kemampuannya untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. 
 
Harga Satria Fu terbaru 2012 di wilayah Yogya bisa mencapai Rp 19.787.000,- untuk pembelian secara cash/tunai. Dan tentu saja harganya akan lebih melambung tinggi bila pembelian dilakukan dengan cara kredit. Walaupun demikian animo masyarakat Yogya untuk membeli Satria Fu ini tergolong cukup tinggi walaupun beberapa data menunjukkan bahwa banyak juga Satria Fu tahun 2012 kebawah yang ditawarkan dengan alasan ingin membeli jenis motor lain. 
 
Berikut ini adalah spesifikasi dari Suzuki Satria Fu terbaru 2012:
 
RANGKA KENDARAAN:
 
Ukuran roda depan: 70/90 - 17 38S
Ukuran roda belakang: 80/90 - 17 44S
Rem depan & rem belakang: cakram
Radius putar: 2.0 m
 
KAPASITAS:
 
Tangki bensin: 4.9 liter
Oli mesin: 1.000 ml
 
TRANSMISI:
 
Kopling: manual plat majemuk tipe basah
Transmisi: 6 speed constant mesh
Rantai penggerak: DID 428 DS, 122 mata
 
MESIN:
 
Tipe 4 tak, DOHC 4 Valve, air cooled with SACS
Silinder: 1
Diameter silinder: 62 mm
Langkah piston: 48.8 mm
Karburator: MIKUNi BS 26-187
Kapasitas silinder: 147.3 cm3

TIPS MENCEGAH MESIN SATRIA FU HILANG KOMPRESI

TIPS MENCEGAH MESIN SATRIA FU HILANG KOMPRESI, penyebab starter ngeloss nggak ada tahanan

Pernah nggak saat lagi naik satria FU santai-santai nggak kena air, nggak ada hujan, mesin nggak masalah sebelumnya tiba-tiba mati sendiri?? Dicek, bensin masih penuh,  pengapian bagus, busi masih oke dan setelah di coba untuk di kick stater ternyata nge-loss seperti nggak ada tahanan sama sekali. ringgggaaaann.... ??? inilah yang disebut mesin kehilangan kompresi.

Cara menangani motor kehilangan kompresi  bagaimana??? Santai brader,... Ada tuh di halaman sebelah... pernah saya posting kok.

Penyebabnya apa sih kok bisa hilang kompresi?? Penyebab utama alias causa primanya yaitu karena ruang bakar tidak intak alias ada kebocoran. Sehingga udara yang di kompresi oleh piston bisa meloloskan diri. Alhasil terasa ngeloss seperti tidak ada tahanan. Hal ini biasanya karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga menghasilkan endapan karbon ( deposit carbon). Nah karbon inilah yang jika jumlahnya semakin banyak dan ada yang menempel di klep (valve) akan berakibat klep atau valve tidak bisa menutup dengan rapat dan menimbulkan celah. Nah celah inilah sebagai jalan udara untuk meloloskan diri dan terjadilah yang namanya  hilang kompresi (loss compression). faham gan...??!!

Lalu untuk mencegah supaya motor Suzuki satria F150 kita nggak terjadi hilang kompresi ada beberapa langkah yang harus dilakukan :
  1. Gunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan rekomendasi. Untuk mesin satria FU yang memiliki perbandingan kompresi diatas 10 :1 sebaiknya menggunakan BBM dengan nilai oktan (RON) diatas 90. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya knocking dan juga membuat pembakaran mendekati sempurna.
  2. Sesekali geber motor sampai rpm diatas 11000. Hal ini disinyalir bisa merontokkan carbon-carbon yang nempel di ruang bakar.
  3. Service dan Tune-up secara rutin di bengkel yang terpercaya.
  4. Bersihkan ruang bakar secara berkala di bengkel yang terpercaya.
Nah semoga step diatas bisa membuat motor suzuki satria kita  tetep dalam kondisi fit, nggak sampai kejadian hilang kompresi. Tapi kalo motor tiba-tiba kehilangan kompresi nggak perlu panik, lihat saja cara emergency mengatasinya.

SATRIA FU

Satria FU 150, Siapa yang gak kenal motor dengan tampilan sporty pabrikan suzuki ini. Satria FU 150 adalah motor suzuki yang di desain khusus untuk menjawab kebutuhan atau selera anak muda jaman sekarang. Desain yang sangat memukau di tambah dengan kapasitas mesin 150cc membuat motor ini menjadi motor favorit anak muda. Desain yang ramping serta tenaga yang besar, membuat motor ini lincah di jalanan. Tak hanya itu, dengan spesifikasi yang hampir sempurna, motor ini juga mempunyai daya sihir yang luar biasa untuk memikat hati seorang wanita. Untuk spesifikasi, kelebihan dan juga kekurangan satria FU semua ada disini.

Satria FU 2012

Penjualan motor di indonesia tiap tahun kian meningkat, salah satunya adalah motor satria fu ini. tak dapat di pungkiri aura satria FU memang sangat luar bisa, Apalagi bagi kalangan remaja. Dengan desain yang sangat pas untuk remaja, apalagi di tambah dengan sedikt sentuhan modif, membuat lelaki yang menggunaknnya akan terlihat seperti arjuna oleh para ABG wanita. Satria FU sudah terkenal sejak jaman dahulu, waktu itu masih mengusung mesin 2 tak 120cc. Di jamannya dulu, Satria Fu 120cc sudah menjadi motor favorit karena larinya yang terkenal sangat lincah dan cepat. dari tahun ketahun, Suzuki selalu memperbaiki dan mengembangkan motor ini. Sehingga sampai saat menjadi motor dengan kapasitas 150cc 4tak. Akan tetapi Satria Fu juga memiliki kekurangan yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya.

Spesifikasi Satria FU 150

Satria FU 2012
Untuk spesifikasi Satria FU 150 terbaru, Hampir sama dengan Satria FU seri pendahulunya. Yang sekilas terlihat perbedaannya hanya pada stripingnya saja. Satria FU memang motor ampuh, penjualannya di pasaran indonesia sangat stabil. Sepanjang enam tahun terakhir, rata-rata transaksi jual beli Satria FU terjadi sebanyak sekitar 60 ribu unit. Satu langkah cerdik jika manajemen SIS sesegera mungkin menyegarkan tampilan Satria FU. Dan berikut ini Spesifikasi lengkap Satria FU 150 terbaru yang ada di indonesia.
DIMENSI
Panjang Keseluruhan
1.945 mm
Lebar Keseluruhan
652 mm
Tinggi Keseluruhan
941 mm
Jarak Antara As Roda
1.280 mm
Jarak Mesin ke Tanah
95 mm
Berat Kendaraan
95 kg
Tinggi Tempat Duduk
764 mm


MESIN
Jenis
4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
Jumlah Silinder
1 (satu)
Diameter Silinder
62 mm
Langkah Piston
48.8 mm
Kapasitas Silinder
147.3 cc
Perbandingan Kompresi
10.2 : 1
Daya Maksimum
16 Ps/9.500 rpm
Torsi Maksimum
1.27 Kg.m . 8.500 rpm
Karburator
MIKUNI BS 26 - 187
Saringan Udara
Jenis   Kertas
Sistem Starter
Elektrik dan Kaki
Sistem Pelumasan
Perendaman Oli


TRANSMISI
Kopling
Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi
6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi
1 Ke bawah, 5 Ke atas
Rantai Penggerak
DID 428 DS, 122 mata


RANGKA
Suspensi Depan
Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang
Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Sudut Kemudi
45° (Kanan dan Kiri)
Radius Putar
2 m
Rem DepanRem Belakang
Cakram/Cakram
Ukuran Ban Depan
70/90-17   38S
Ukuran Ban Belakang
80/90-17   44S


SISTEM LISTRIK
Sistem Pengapian
CDI
Busi
NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
Accu
12 V (2,5 Ah)/10 HR
Kapasitas :

Tangki Bahan Bakar
4,9 L
Dengan penggantian saringan oli
1.100 ml
Tangki Oli Mesin
1000 ml
Mengusung teknologi moge suzuki, bermesin Twin Cam atau DOHC, 4-valve, 4-stroke, 150cc, dilengkapi air-cooled/sacs (suzuki advanced cooling system) didukung transmisi 6-percepatan yang responsif. Di tambah Berbagai pembaruan membuatnya tampil semakin garang. akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yang harus di benahi.

Kelebihan Satria FU

- Tampilan yang Sporty dan sangat modis.
- Satria FU Sangat cocok menembus kemacetan.
- Tarikan yang sangat kencang
- Body yang simpel mempermudah pembersihan.
- Nyaman di tikungan.
- Solusi tepat buat jomblo.

Kekurangan Satria FU

- Satria FU ini sering tidak nyaman jika digunakan untuk kecepatan tinggi.
- Posisi tempat duduk saat berboncengan terasa kurang nyaman.
- Tensioner rantai keteng yang sangat rapuh.
- Konsumsi bahan bakar yang terhitung boros.
- Sparepart yang mahal dan jarang
- Saat melintas kubangan air, cipratan air akan membasahi bagian lutut hingga kaki.
- Tangki bensin terlalu kecil sehingga Anda harus sering mampir ke pom bensin.

merawat mesin Suzuki Satria FU 150

Bagaimana merawat mesin Suzuki Satria FU 150 yang mulai turun tenaganya?

Share3
Halo MOTOBIKE saya mau tanyak saya punya satria f tahun 2008 tenaganya mulai turun terus solusinya bagaimana dan yang harus di ganti apa aja..?

Jawaban :
MotoBike - Jika diservis secara berkala, tentunya performa Suzuki Satria FU 150 rakitan tahun 2008 milik motobikers tetap optimal. Hal ini terkait penggantian komponen yang semestinya diganti, sehingga kinerja mesin dan komponen penggerak lainnya berfungsi dengan baik. "Iya jika diservis secara berkala dan penggantian komponen pada waktunya, saya rasa performa akan tetap terjaga" ucap Kahfi selaku punggawa bengkel K22 di Jl. Fatmawati Raya, Lebak Bulus 3, No. 48 A, Jaksel.

Agar kembali optimal, lakukan servis besar yang meliputi peengecekkan seluruh bagian mesin dan karburator. Termasuk pula penggantian komponen jika diperlukan. "Ongkos jasa servis besar dihargai Rp 100 ribu. Sudah termasuk seting karburator," bilang Kahfi yang kerap dirujuk oleh klub Suzuki Satria FU-150 ini.

Nah permasalahan penurunan performa bisa disebabkan oleh beberapa bagian mesin yang mesti diganti. Diantaranya kampas kopling, sil klep, ring seher, dan karet vakum karburator. "Cek kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak. Jika tidak layak pakai, kudu ganti dengan yang baru," ujar Kahfi.

Untuk memperoleh komponen tersebut bisa beli di showroom Suzuki. "Kisaran harganya sebagai berikut. Kampas kopling Rp 250 ribu, sil klep Rp 28 ribu (4 buah), ring seher Rp 85 ribu dan karet vakum Rp 40 ribu," rinci Kahfi.

K22: (021-97797033)

Berita Terkait :

TIPS MERAWAT SATRIA FU

TIPS MERAWAT RANTAI DAN GEAR SATRIA FU LEBIH AWET cara agar rantai dan gir satria f150 tahan lama

Halo Broow... 
Rantai standar Satria FU 428 dengan 120 Mata akan lebih awet dan tahan lama jika diberikan perawatan yang optimal. Cara bawa motor juga berperan dalam keawetan rantai. Berikut saya sampaikan beberapa tips dalam perawatan agar rantai lebih panjang umur.
  1. Gunakan rantai dan gear yang berkualitas. Penggunaan part yang abal-abal jelas umurnya relatif lebih pendek.
  2. Berikan secara rutin oli khusus rantai. Banyak merek yang beredar dipasaran. jika tidak ada bisa digunakan oli SAE 70 keatas atau oli Gardan.
  3. Bersihkan kerak atau debu yang menempel di rantai secara rutin. Bisa menggunakan sikat gigi yang dibasahi dengan solar keringkan dan lumasi kembali. Sebaiknya jangan membersihkan menggunakan bensin atau minyak tanah.
  4. Periksa dan atur ketenganggan rantai secara periodik.
  5. Kendarai motor dengan smooth, jangan sering menghentak karena menyebabkan rantai mudah molor.
Demikian tips agar rantai dan gear  Satria FU kita lebih awet dan umur panjang. Semoga bermanfaat dan ingat selalu : keep safety riding....!!